Tuesday, November 13, 2018

Nokia 9 PureView, Rumor Android 9 Pie Dengan Nama Olympic


Awal tahun 2019 nanti sepertinya bakal menjadi tahun yang sangat menarik untuk para pecinta produk Nokia, baru-baru ini muncul rumor bahwa HMD Global akan meluncurkan produk terbaru unggulan mereka yang diberi nama Nokia 9 PureView. Hal ini diperkuat dengan munculnya informasi yang beredar dan terlihat di meta data dari server pembaruan FIH. Sumber tersebut mengklaim bahwa Nokia 9 PureView akan berjalan pada Android 9 Pie dab akan menjalankan patch keamanan Android November, tetapi yang perlu menjadi catatan bahwa ini adalah model perangkat Cina, dan ini sama sekali bukan versi final dari handset. Sumber itu juga mengklaim mengetahui nama kode dari kapal induk HMD Global yang akan datang dengan nama Olympic dan untuk membuktikan fakta tersebut, sumber itu memberikan screenshot meta data yang di mana mencantumkan codename ‘Olympic’. Jadi, mengapa disebut Olympic? Pasti ada sebuah alasan mengapa perangkat ini disebut demikian dan masih menjadi sebuah pertanyaan yang belum terjawab.


Baru-baru ini Nokia 9 muncul di sejumlah render, dan video 360°, informasi-informasi itu kurang lebih menunjukkan tentang desain perangkat, dan sepertinya itu adalah render berbasis CAD yang disebarkan beberapa sumber yang memiliki kredibilitas mengenai masalah ini, jadi kemungkinan perangkat yang ditunjukkan adalah nyata dan bisa jadi merupakan desain akhir Nokia 9 PureView. Bocoran itu mengungkapkan bahwa ponsel akan memiliki tujuh cincin di bagian belakang, tetapi hanya lima di antaranya yang akan digunakan untuk kamera. Cincin keenam akan menjadi tempat untuk sebuah LED flash, sedangkan yang cincin ketujuh diduga sebagai tempat untuk beberapa jenis sensor ganda yang akan mengukur kedekatan objek atau semacam itulah. Kebocoran itu juga mengungkapkan bahwa telepon akan terbuat dari logam dan kaca dengan sisi bagian belakang yang melengkung. Render tersebut juga menunjukan bahwa ponsel akan menampilkan bezel di bagian atas dan bawah layar serta adanya logo Nokia yang disertakan baik di bagian belakang perangkat, dan di atas layarnya. Sepotong info lain juga muncul kemarin dan melaporkan bahwa Nokia 9 PureView akan diluncurkan sebelum Mobile World Congress 2019. Jika rumor itu dapat dipercaya, Nokia 9 PureView mungkin benar-benar tiba dibulan Januari. Sepertinya rencana HMD Global untuk mengungkap telepon pada gelaran Mobile World Congress (MWC) di Barcelon berubah, setidaknya ini berarti bahwa perusahaan akan mengumumkannya selama Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas atau kemungkinan akan mengadakan acara terpisah di bulan Januari. Meski itu bukan keseluruhan cerita tentang Nokia 9 yang diperkirakan akan diluncurkan beberapa bulan yang lalu tetapi itu menjadi tertunda karena beberapa alasan. Chief Product Officer perusahaan Juho Sarvikas merupakan orang utama di balik keputusan itu karena dia berpikir bahwa ponsel tersebut belum siap untuk diluncurkan. Keputusan itu benar-benar berhasil memarahi beberapa karyawan HMD Global.



Jika Nokia 9 PureView tiba pada bulan Januari atau Februari tahun depan, kemungkinan perangkat ini akan dibekali dengan prosesor unggulan generasi terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8150 atau 855. Kemungkinan prosesor ini akan diumumkan sebelum akhir tahun ini, dan akan mulai bermunculan di ponsel-ponsel flagship pada bulan Februari. Jika tak ingin momentum kebangkitan mereka hilang, HMD Global harus belajar dari kesalahan mereka di tahun lalu saat mereka merilis Nokia 8 Sirocco dengan prosesor Snapdragon 835 sedangkan para pesaingnya sudah menggunakan Snapdargon 845. Maka dari itulah seharusnya perilisan Nokia 9 PureView akan datang semestinya menggunakan prosesor unggulan terbaru, dan ya tentu saja kita hanya mampu berharap serta menunggu kepastian tentang produk tersebut.

No comments:

Post a Comment